TIGA PENJELASAN GEJALA SAKIT GAGAL GINJAL

1.    Nafsu makan kurang dan penurunan berat badan
Kedua gejala itu merupakan gejala paling umum yang sering diabaikan sebagai sesuatu yang serius. Umumnya, kesibukan kita saat bekerja merupakan pemicu nafsu makan memburuk, apalagi saat sedang serius menapaki tangga karier Anda. Sementara penurunan berat badan, sayangnya banyak orang yang “welcome” terhadap gejala ini. Padahal kondisi itu adalah dimana penyakit ginjal itu dimulai. Tubuh membutuhkan nutrisi dan energi untuk melakukan bahkan tugas yang paling dasar setiap hari, dimana bersumber dari asupan makanan. Karenaya, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

2.    Kaki bengkak, tangan atau pada pergetangan kaki
Ginjal yang seharusnya untuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra dalam tubuh. Ketika ginjal gagal untuk menjalankan fungsi mereka, cairan ekstra dalam tubuh Anda akan mulai membangun ruang dan menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki, kaki atau pergelangan kaki karena ada peningkatan retensi air.

3.    Sesak napas dan kelelahan
Selain penyaringan toksin dari tubuh, ginjal menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin. Hormon-¬hormon ini membantu membawa oksigen sel darah merah ke seluruh tubuh. Bila ginjal berhenti berfungsi, mereka mungkin tak menghasilkan erythropoietin cukup sehingga lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen dalam tubuh dan menyebabkan otot-otot dan otak mudah keletihan dengan sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia. Biasanya, orang merasa tenaganya terkuras tanpa melakukan apa-apa. Selain itu, ia juga akan sulit menarik napasnya.